Peserta didik dapat memahami kekhasan
manusia sebagai citra Allah menurut Kejadian 1: 26-27
|
Peserta didik dapat mencontoh tindakan yang positif
dalam menghadapi keterbatasan
Mengembangkan sikap berteman yang baik menurut Santo Paulus
|
Mengembangkan
sikap yang baik di sekolah
Peserta
didik mampu melakukan perbuatan kasih
|
Menunjukkan kesetaraan gender antara pria dan wanita sebagai
orang beriman
|
Peserta didik dapat mencontohkan sikap seorang
sahabat sejati
|
Peserta didik dapat memahami teks
Galatia 5: 13-15
|
Peserta didik dapat mengetahui pernyataan
Yesaya 7: 10-14
|
Peserta didik dapat mencontohkan kepedulian yang dapat
dilakukan di sekolah
berdasarkan Mat 4: 23-25
|
Peserta didik dapat memahami teks Matius
13: 44-46 tentang Kerajaan Sorga
|
Peserta didik dapat menunjukkan ke-Allah-an Yesus
|
Peserta didik dapat bertindak sesuai
dengan teladan Yesus seperti tergambar dalam Kitab Suci
Peserta didik memahami teks Lukas 5: 12-13 tentang kepedullian
Yesus
|
Peserta didik dapat menjelaskan
penerimaan dan penolakan terhadap pewartaan Yesus
Peserta didik dapat memahami paham Kerajaan Allah pada
zaman Yesus
|
Peserta didik dapat
menjelaskan makna Firman kelima
|
Disajikan teks Kis 2:1-4,
peserta didik dapat membedakan perubahan sikap para rasul yang tampak
dalam kutipan teks
|
Peserta didik dapat menunjukkan
peran anggota Gereja untuk hidup yang jujur
|
Peserta didik dapat menjelaskan struktur
keanggotaan gereja Kristen katolik
Peserta didik dapat menjelaskan tugas
Gereja
|
Peserta didik dapat mengetahui symbol
yang dipakai dalm Sakramen Baptis
Peserta didik dapat memahami makna
sakramen Baptis
|
Disajikan bacaan Kis 2: 41-47, peserta didik dapat menjelaskan 4
macam kegiatan untuk
mengembangkan iman
|
Disajikan bacaan Kis 4: 12 , peserta
didik dapat mewujudkan iman sesuai kutipan tersebut
|
Peserta didik dapat menunjukkan
penerapan hidup beriman dalam kehidupan sehari-hari
|
Peserta didik dapat menjelaskan teks Lukas 1: 38
|
Disajikan teks Kis 2: 44-47, peserta didik dapat
melaksanakan bentuk-bentuk
perwujudan iman
bersifat sosial dari
kutipan tersebut
Pesrta didik dapat memahami sumber keselamatan yang
benar menurut Kis 17: 22-23
|
Peserta didik dapat mencontoh
kegiatan kehidupan para rasul dalam Kis 2: 41-47
Peserta didik dapat mengembangkan iman dalam hidup sehari-hari
|
Peserta didik dapat menjelaskan sikap beragama yang benar
Peserta didik dapat menjelaskan alasan yang benar manusia
beragama
|
Peserta didik dapat mengungkapkan
persatuan dan kesatuan Gereja
Peserta didik dapat melakukan kewajiban sebagai anggota
masyarakat
Peserta didik memahami teks Luk 19: 4-5 tentang martabat
manusia
|
Peserta didik dapat Injil Matius 22: 20-21 sebagai
orang beriman
Peserta didik dapat mengembangkan budaya kehidupan
dalam hidup sehari-hari
|
Peserta didik dapat menjelaskan
teks Roma 12: 9
Pesrta didik dapt menjelaskan teks Matius 5: 37
|
Peserta didik dapat menontohkan
tindakan perintah Allah pertama
|
Peserta didik dapat menjelaskan perilaku
manusia yang baik untuk melestarikan a;lam
|
Peserta didik dapat menyebutkan tokoh
suci yang peduli alam ciptaan
|
Peserta didik dapat membangun
sikap toleransi antar umat beragama dalam hidup sehari-hari sesuai
dengan dokumen Gereja Nostra
Aetate Art. 2 alenia 3
|
Disajikan Dokumen Konsili Vatikan II Nostra Aetate
Art 2, peserta didik dapat menjelaskan sikap
Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain
|
Peserta
didik dapat menjelaskan tujuan untuk mencapai cita-cita
Peserta
didik dapat menemukan faktor yang mendukung daya juang
Peserta
didik menyebutkan tiga kaul biarawan-biarawati
|
Peserta didik dapat menjelaskan teks
Markus 10: 9
Peserta didik dapat menjelaskan teks
Efesus 5: 22-24
|
Peserta didik dapat menyebutkan tugas
seorang imam
|
Peserta didik dapat menjelaskan Injil Yohanes 14: 6
|
Peserta didik dapat menjelaskan makna
hidup sederhana sebagai orang beriman
|
Peserta didik dapat
menjelaskan 3 Sakramen inisiasi yang diterimakan dalam Gereja Kristen katolik
Peserta didik dapat
menjelaskan 4 Sakramen inisiasi yang diterimakan dalam Gereja Kristen katolik
Pesrta didik dapat menjelaskan makna Ekaristi
Contoh soal: Tokoh suci yang sangat peduli dengan lingkungan hidup adalah Santo …. Dalam Roma 12:9 Santo Paulus menuliskan: “Hendaklah kasih itu …. “ Perintah Allah pertama: Akulah Tuhan Allahmu, Jangan …. Dalam Injil Yohanes 14:6, “Akulah …. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” Yang termasuk sakramen inisiasi dalam tradisi Gereja Kristen Katolik adalah …. Empat sakramen setelah sakramen inisiasi adalah … Struktur keanggotaan Gereja Kristen Katolik antara lain terdiri dari …. Tiga kaul yang diucapkan oleh kaum biarawan-biarawati antara lain …. Perayaan Ekaristi adalah mengenang kembali peristiwa …. Sifat dan sikap sederhana orang beriman antara lain ….
Setiap orang katolik perlu
mengembangkan dirinya dalam kehidupan gereja, dengan keterlibatan
tugas gereja
yang meliputi: tugas liturgia (pengudusan), kerygma
(pewartaan), koinonia (persekutuan), dan
diakonia (pelayanan). Berikan contoh
keterlibatan umat pada masing-masing tugas gereja tersebut
Kis 4:12 “Dan keselamatan tidak ada di dalam
siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong
langit ini tidak ada
nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat
diselamatkan.
" Berikan 4 contoh cara menjadi tanda keselamatan bagi
sesama di lingkungan sekolah!
Dalam Kis 2 : 41-47, “Dan
semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan
mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta
miliknya, lalu
membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan
masing-masing. Dengan bertekun dan
dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap
hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah
masing-masing secara
bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati.”
Iman dapat berkembang melalui kegiatan
dalam kebersamaan dalam jemaat. Berdasarkan teks bacaan
di atas, sebutkan 4
macam kegiatan untuk mengembangkan iman yang dilakukan dalam kelompok !
Pada tahun 2015, kami berhasil
mengamankan sekitar 3 ton sabu yang berarti menyelamatkan banyak
generasi muda.
Penggunaan narkoba, lanjutnya, banyak disebabkan karena kurangnya pemahaman
tentang
narkotika serta kepedulian dari masyarakat serta hukum yang masih belum
mengikat secara maksimal. Harian
Kompas.com (11/1/2016). Memahami artikel
tersebut diatas, sebagai remaja katolik perlu membentengi diri dari
narkoba. Sebutkan
2 contoh mengembangkan budaya kehidupan dalam hidup sehari-hari sesuai dengan
teks
di atas!
“Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan
tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal
daripada si jahat” (Mat 5:37). Jelaskan tiga usaha yang harus dilakukan untuk
menerapkan sikap jujur dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan kutipan di atas!
|
Minggu, 01 Maret 2020
Kisi-kisi PAS kelas 9 tahun 2020
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
-
1. MENYANYI LAGU ROHANI MASA PRAPASKAH 2. DOA PEMBUKAAN 3. BACA KITAB SUCI DAN RENUNGAN SINGKAT: * KELAS 9A NO, ABSEN : 1 - 6 ...
-
KISI-KISI PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI KLS 7 SEM 1 TH 2024 Bab 1: Manusia sebagai Citra Allah Manusia diciptakan sebagai citra...
-
KISI-KISI PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI KLS 8 SEM 1 TH 2024 Bab 1: Yesus Kristus Sang Pewarta Kerajaan Allah Siapa yang dikenal ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar